Trimester Ketiga Kehamilan

Trimester Ketiga Kehamilan


Trimester ketiga kehamilan, atau pada usia 7-9 bulan adalah periode terakhir kehamilan sebelum kelahiran bayi. Saat ini gejala2 kehamilan akan makin intens dirasakan oleh ibu hamil. Berikut beberapa perubahan tubuh dan gejala2 yang akan dirasakan ibu hamil saat trimester ketiga kehamilan:


Kelelahan Meningkat

Saat trimester ketiga berat badan ibu bisa bertambah minimal 10 kg, selain itu rahim yg membesar akan menekan organ tubuh, serta membuat posisi tubuh menjadi berubah, menimbulkan regangan otot yang berlebih. Ibu hamil harus  lebih banyak istirahat dan mengurangi aktivitas, beberapa tips & trik:

  • Olahraga ringan. Jalan-jalan ringan di pagi hari, renang, yoga, meditasi bisa membantu. Namun jangan sampai terlalu lelah.
  • Ambil istirahat beberapa menit di sela kerja. Di tengah-tengah kerja, istirahatlah sesaat, regangkan otot-otot yang kaku, pejamkan mata dan tarik nafas panjang.
  • Makan lebih sedikit, tapi lebih sering frekuensinya. Tambahkan snack yang sehat dan bergizi (misal: buah).

Jika kelelahan berlebih cek dokter, anemia bisa menjadi salah satu penyebab (cek Artikel saya tentang Anemia Dalam Kehamilan).


Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang akan semakin terasa, disebabkan perut semakin membesar dan menarik punggung ke depan, perubahan postur punggung, sehingga dikompensasi dengan kontraksi otot-otot punggung, yg jika berlebihan menimbulkan nyeri pinggang/punggung. Beberapa tips & trik yang bisa dilakukan:

  • Tidak boleh menunduk, jika ingin mengambil barang usahakan punggung tetap turun dalam posisi lurus (jongkok).
  • Bisa memakai pakaian penyokong dibawah perut (under belly support garment), atau baju khusus ibu hamil.
  • Saat tidur, beri support punggun dengan tambahan bantal, jika tidur miring maka taruh bantal/guling diantara dua kaki untuk mensupport panggul.
  • Hindari mengangkat barang2 berat, minta tolong orang lain!


Sering Kencing

Problem yang disebabkan bagian terendah janin yang mulai masuk panggul dan menekan kandung kencing (lokasi penyimpanan terakhir air kencing sebelum dikeluarkan). Sering timbul gejala keinginan kencing yang kuat dan mendadak. Salah satu trik mengatasinya adalah coba jadwal kencing tiap 2-3 jam, supaya kandung kencing tidak terlalu penuh. Tetap minum air putih 8 gelas per hari (minimal) untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hindari caffein (kopi, soda, teh) yang dapat memicu keinginan kencing (diuretik).


Nyeri Ulu Hati   

Sering terasa panas di ulu hati disebabkan hormonal menyebabkan katup pembatas antara kerongkonan dan lambung terbuka, sehingga sering terjadi aliran balik asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan gejala ini. Rahim yang makin membesar menekan lambung sehingga aliran balik makin hebat, gejala makin terasa. Beberapa trik mengatasinya:

  • Hindari makanan2 pemicu: makanan berbumbu, terlalu pedas, terlalu asam, makanan berlemak, dan caffein.
  • Kurangi porsi makan tapi persering. Jatah makan 3x sehari dapat diubah menjadi 6x sehari tapi dengan porsi separuhnya.
  • Jika parah, kontrol ke dokter.


Edema/Bengkak

Saat hamil normal terjadi bengkak karena penumpukan cairan di tubuh terutama kaki. Namun ada kondisi yang tidak normal: jika bengkak tubuh terjadi dengan cepat dan menyeluruh (seluruh tubuh), bsa merupakan tanda2 preeklampsia. Biasanya bengkak akan menghilang sendiri setelah kelahiran dan masa nifas. 


Kontraksi

Menjelang kelahiran kontraksi akan makin sering dan kuat (disebut kontraksi palsu), ini sebagai persiapan rahim melakukan proses kelahiran nantinya. Kontraksi yang benar dan akan mengarah ke persalinan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kontraksi sangat sering (bisa tiap 10 menit), makin lama makin sering dan makin kuat 
  • Disertai keluarnya darah dan lendir
  • Disertai keluarnya air ketuban

Jika kontraksi disertai salah satu tanda diatas maka segera ke RS karena proses persalinan akan segera datang.


dr. Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kandungan Surabaya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial