Tanda-tanda Persalinan

Tanda-tanda Persalinan

Bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga kehamilan, detik2 menuju persalinan adalah hal yang mendebarkan. Jika ini adalah kehamilan pertama tentu ibu perlu mengetahui apa saja tanda2 mulainya proses persalinan. Beberapa minggu atau bulan sebelum persalinan tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan.

 

Bumil akan merasa lebih ringan di bulan2 terakhir menjelan persalinan, kepala bayi akan masuk ke panggul sehingga terasa tekanan di panggul, namun mengurangi tekanan di rongga dada. Nafas terasa lebih enak dan ringan.

 

Kontraksi rahim (Braxton Hicks) akan menjadi lebih sering dan kuat. Jika persalinan terjadi, kontraksi bisa tiap 10 menit dengan durasi 40-60 detik, disertai terjadi pembukaan mulut rahim. Ini adalah tanda2 persalinan akan dimulai. Namun jika kontraksi itu menghilang maka ini berarti hanya persalinan palsu. Perubahan pada mulut rahim, menjadi lebih lunak, tipis, dan jika disertai kontraksi yang sering maka mulut rahim bisa membuka.

 

Jika persalinan akan berlangsung, bumil bisa mengeluarkan lendir-darah (mucus plug) dari kemaluan. Ini adalah sejumlah cairan mucus yang tebal yang selama kehamilan menutupi mulut rahim (yang fungsinya menjaga agar janin tidak terkena infeksi dari luar). Mucus plug ini bisa disertai warna coklat, pink, atau merah darah.

 

Keluarnya air ketuban dari kemaluan, warna putih bening, keluar tanpa terasa (berbeda dengan kencing). Keluarnya air ketuban ini disebabkan pecahnya selaput ketuban yang mengelilingi bayi dalam rahim. Kejadian ini biasanya dimulai dengan kontraksi rahim dahulu, namun bisa juga tanpa kontraksi.

 

Adanya tanda2 di atas sebaiknya bumil dan suami segera ke RS dan menemui dokter. Tanda2 tsb bisa jadi merupakan gejala persalinan yang akan segera terjadi, namun bisa saja hanya persalinan palsu dimana kontraksi tidak berlanjut dan akan menghilang. Kecuali ketuban yang pecah jika tidak disertai persalinan itu adalah kondisi yang tidak normal (bisa baca artikel tentang Ketuban Pecah Prematur)

 

Demikian sekilas informasi tentang tanda2 persalinan, semoga bermanfaat.

Komentar

  • Dinar Olivia
    Dinar Olivia
    Rabu, 26 November 2014

    Saya sudah melaluinya.. Dan itu "amazing" skali.. Melahirkan adalah proses perjalanan spiritual bagi ibu & anak yg menyenangkan..

Tambahkan Komentar

Testimonial