Pencegahan Kanker Mulut Rahim (Serviks)

Pencegahan Kanker Mulut Rahim (Serviks)

Cerviks, mulut rahim, adalah bagian terbawah dari rahim, terletak dalam vagina.


proxy?url=http%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F-jJAzh6dbi9M%2FUvQ_Ti1f4xI%2FAAAAAAAAAMY%2FiLTZ4qiN7Ns%2Fs1600%2Fserviks.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*


Kanker serviks terjadi jika sel serviks mengalami perubahan tumbuh tidak terkontrol menjadi ganas. Perubahan sel menjadi kanker bisa terjadi di semua sel tubuh kita. Jika tidak ditangani secara cepat sel ganas tadi akan menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan kematian. Itu terjadi pada semua kanker.


Selama ini penyebab kanker tidak diketahui secara pasti, faktor turunan, pengaruh diet, gaya hidup, racun lingkungan, dll. Namun berbeda dgn kanker serviks, saat ini telah dipastikan bahwa penyebabnya adalah infeksi virus HPV. HPV singkatan dari Human Papilloma Virus. Seseorang terinfeksi HPV dari hubungan seksual.


Ada bbrp tipe HPV yg menyebabkan kanker, namun tipe lain hanya menyebabkan kutil di kemaluan. Seseorang wanita bisa saja terinfeksi kuman HPV bertahun2 tanpa gejala. Baru suatu saat kuman tersebut aktif dan menyebabkan kanker.


Gejala kanker serviks: flek2 setelah berhubungan, perdarahan mens memanjang, keputihan terus menerus, nyeri beruhubungan. Selain itu juga keluar bercak dari kemaluan bercampur darah.


Pengobatan kanker tergantung stadium nya, secara umum ada tiga metode pengobatan. Operasi (stadium awal), radiasi (stadium menengah sampai akhir), atau kemoterapi (tambahan). Pengobatan terbaik pada kanker, tetap adalah pencegahan (1), atau deteksi dini (2). 


Pencegahan kanker serviks bisa dilakukan dengan vaksinasi HPV.


proxy?url=http%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F-RF3cON8uKOo%2FUvQ_qGk--oI%2FAAAAAAAAAMg%2FDUKS43o3IG0%2Fs1600%2FHPV_vaccination_Cervarix_cervical_cancer_vaccine_SPL.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*


Vaksinasi HPV, membuat tubuh wanita kebal terhadap virus HPV, sehingga jika ada infeksi bisa dimusnahkan segera oleh tubuh. Vaksinasi HPV sebaiknya dikerjakan pada semua wanita, paling ideal sebelum menikah (berhubungan). Namun meski sudah menikah, tetap tidak ada ruginya melakukan vaksinasi HPV. 


Vaksinasi HPV adalah pencegahan terbaik untuk kanker serviks. Jika tidak bisa melakukan vaksinasi HPV, maka pencegahan terbaik kedua utk kanker serviks adalah deteksi dini. Deteksi dini kanker serviks dilakukan dengan pemeriksaan PAP smear rutin pada semua wanita setahun sekali. 


proxy?url=http%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F-hoVomptG2UQ%2FUvQ_J9dObzI%2FAAAAAAAAAMQ%2F94AJLahx5bI%2Fs1600%2Fpap_smear2-kanker-serviks-3.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*


Tujuan pap smear, mendeteksi seawal mungkin jika ada perubahan sel cerviks ke arah ganas. Jadi ketika sel sudah ada tanda2 ke arah ganas, terdeteksi dari pap smear, maka bisa dilakukan tindakan segera. Jadi pap smear juga merupakan pencegahan yang baik utk kanker serviks, meski tidak sebaik vaksinasi HPV.


Jadi, mari sebarkan info ini, supaya masyarakat makin teredukasi, dan mengerti ttg kanker serviks. 


dr. Aldika Akbar SpOG

Dokter Spesialis Kandungan Surabaya

RS UNAIR

National Hospital

Komentar

  • evi
    evi
    Jum'at, 08 Agustus 2014

    Utk mendapatkan vaksinasi hpv dimana yaa dok? Utk yg udh lama menikah sebaiknya pap smear dulu baru vaksinasi ataw lsg vaksinasi

  • dr. Aldi SpOG
    dr. Aldi SpOG
    Sabtu, 22 November 2014

    Terima kasih ibu evi atas komentarnya, Vaksinasi HPV bisa dikerjakan dimana saja, di Rumah sakit, Rumah sakit bersalin, dokter praktik swasta dll yang menyediakan vaksin HPV. Untuk yang sudah menikah lebih baik pap smear dulu.

  • novita
    novita
    Selasa, 25 November 2014

    dok,,,keputihan yang terus menerus maksudnya yg bgmn? ciri-cirinya? jadi kita bisa lebih memperhatikan, apkh itu yg trmsk ciri2 kanker serviks atau bukan...terimakasih

  • dr. Aldi SpOG
    dr. Aldi SpOG
    Rabu, 26 November 2014

    Salam bu novita, Jadi keputihan yang terus menerus, berbau, banyak, tidak berhenti, tiap hari, biasanya disertai perdarahan bercak setelah berhubungan intim. Itu adalah tanda2 kanker serviks yang patut diwaspadai.

  • Leny
    Leny
    Kamis, 27 November 2014

    Sore dok, kutil di kemaluan maksudnya gmn ya dok? Dibagian bulukah dok?

Tambahkan Komentar

Testimonial