Olahraga saat hamil, kenapa tidak?

Olahraga saat hamil, kenapa tidak?

Sering timbul pertanyaan dari ibu hamil tentang aman tidaknya olahraga saat hamil. Rasa takut akan terjadi pengaruh buruk kepada janin mencegah ibu hamil untuk berolahraga. Padahal ternyata diketahui bahwa ibu hamil yang tetap ruitn berolahraga memiliki persalinan yang lebih lancar dan lebih sedikit komplikasi.

Olahraga saat hamil adalah hal yang baik, namun tetap memiliki prinsip yang berbeda dengan olahraga saat tidak hamil. Yang terpenting adalah tetap menjaga keselamatan bayi yang ada dalam kandungan.

Lakukan olahraga ringan tapi teratur. Contohnya: jalan kaki ringan di pagi hari 20 menit, senam hamil, yoga, atau renang. Itu adalah olahraga2 yang dianjurkan saat hamil.

Hindari olahraga terlalu berat, terlalu memforsir tenaga sehingga menimbulkan kelelahan berlebih. Hindari olahraga dengan risiko trauma/cedera perut, seperti olahraga full body contact (boxing, muay thai, dll), angkat beban, atau olahraga ekstrem. Hindari posisi tidur terlentang dalam waktu lama saat olahraga, karena akan mengurangi pasokan nutrisi dan oksigen ke bayi. Banyak minum air putih saat olahraga untuk mencegah dehidrasi.

dr. Aldika Akbar SpOG  
Dokter Spesialis Kandungan Surabaya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial