Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Sejak dulu kita sudah sering mendengar betapa bermanfaatnya madu untuk kesehatan. Anjuran mengkonsumsi madu sudah sering kita dengar dari orang tua, teman, pakar kesehatan, sampai tercantum pula di kitab suci. Namun apa manfaat madu sebenarnya bagi kesehatan? disini saya rangkum beberapa manfaat madu:

10 MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN:
1. Mencegah kanker dan penyakit jantung. Disebabkan kandungan flovanoid yg tinggi, anti oksidan yang menurunkan risiko penyakit tsb.

2. Mengurangi risiko tukak (nyeri) lambung dan penyakit saluran pencernaan. 

3. Anti bakteri dan anti jamur. Karena kandungan enzim yang bisa menghasilkan hidrogen peroksida yang tinggi di madu.

4. Meningkatkan performan atletis. Krn madu memiliki kandungan glikogen yang lebih tahan lama di dalam tubuh dan memperpendek waktu recovery atlet.

5. Mengurangi batuk daninfeksi tenggorokan.

6. Bermanfaat untuk semua organ tubuh. Dikatakan bahwa madu bisa memperbaiki penglihatan, menurunkan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kencing, asma, diare, & mual muntah.

7. Mengatur kadar gula darah. Tidak seperti gula pasir atau gula buatan, kandungan dan komposisi gula pada madu (kombinasi fruktosa dan glukosa) malah dapat mengatur gula darah di tubuh. Selain itu biasanya indek glukosa madu relatif rendah.

8. Menyembuhkan luka. Madu memiliki kemampuan menyembuhkan luka dengan baik, sering dipakai di RS untuk mengatasi infeksi luka operasi atau pada luka bakar.

9. Mengandung Probiotik. Ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi.

10. Mempercantik kulit. Madu juga bisa dipakai sebagai terapi untuk mempercantik kulit.

dr. Aldika Akbar SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Surabaya  

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial