Infeksi CMV Kongenital
Kamis, 18 Oktober 2018
drAldi.com
Bagikan

Infeksi CMV Kongenital

Infeksi Cytomegalovirus (CMV) pada ibu hamil berpotensi menyebabkan kecacatan bawaan pada janin. Penularan dapat terjadi melalui darah ibu yang melewati plasenta menuju darah bayi. Hanya 1 dari 5 janin yang terinfeksi dalam kandungan akan memiliki gejala serius. Risiko transmisi pada janin tinggi jika ibu mendapatkan infeksi CMV pertama kali dalam kehamilan (infeksi primer), sekitar 40%. Risiko transmisi paling tinggi (40-70%) pada trimester ketiga namun memiiki risiko kecacatan bawaan paling rendah, sebaliknya risiko transmisi paling rendah (30-40%) ada pada trimester pertama namun risiko kecacatan bawaannya paling tinggi. 

 

Jika bayi terinfeksi CMV maka ia akan memiliki risiko terkena kecacatan bawaan, seperti:

  1. Pembesaran organ - limpa, liver, dan lain-lain
  2. Pelebaran saluran di otak
  3. Pelebaran ureter dan saluran ginjal
  4. Kalsifikasi intrakranial
  5. Pengecilan ukuran kepala (microcephaly)
  6. Penebalan plasenta
  7. Pembengkakan janin (Fetal Hydrops)
  8. Ascites

 

Untuk mendeteksi apakah janin terinfeksi CMV dalam rahim maka dapat dilakukan amniocentesis, yaitu pengambilan cairan ketuban dengan menusukkan jarum ke dalam rahim ibu dengan tuntunan USG, kemudian dilakukan pemeriksaan virus di laboratorium. Dengan menegakkan diagnosa infeksi CMV dalam rahim, maka ketika lahir bisa segera memberikan terapi untuk bayi. Namun demikian amniocentesis memiliki risiko komplikasi keguguran. 

 

Dalam jangka panjang infeksi CMV dalam rahim dapat mempengaruhi bayi dengan menyebabkan:

  1. Tuli bawaan
  2. Gangguan Mental
  3. Kejang
  4. Gangguan Penglihatan
  5. Penurunan Kekuatan Otot
  6. Penurunan koordinasi
  7. Microcephaly

 

10-20% bayi dengan infeksi kongenital CMV yang muncul gejalanya saat lahit akan memiliki gangguan jangka panjang. 10-20% bayi dengan infeksi kongenital CMV yang tidak memiliki gejala (asimptomatik) akan mengalami gangguan pendengaran jangka panjang. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar