Infeksi CMV
Rabu, 17 Oktober 2018
drAldi.com
Bagikan

Infeksi CMV

CMV (Cytomegalovirus) adalah virus yang sering menginfeksi bayi dan anak-anak, dan jika mengenai ibu hamil berpotensi menyebabkan kecacatan bawaan pada janin. Infeksi virus ini biasanya tidak menimbulkan gejala tertentu (asimptomatik) selain demam biasa, batuk pilek, nyeri menelan, nyeri2 sendi. Virus ini dapat ber"sembunyi" dalam tubuh sesorang dalam waktu lama, setelah menginfeksi, dan dapat aktif lagi beberapa tahun kemudian. 

 

Virus CMV ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi seperti: ludah, cairan hidung (bersin), kencing, cairan vagina, sperma, dan air susu ibu. Pada orang dewasa biasanya tertular melalui kontak dengan anak yang terinfeksi, mainan anak2, tisu yang kotor, atau popok bayi. Selain itu bisa juga ditularkan dari sesama orang dewasa melalui hubungan seksual, atau transfusi darah. 

 

Deteksi CMV pada ibu hamil dapat dikerjakan melalui pemeriksaan darah ibu, untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap CMV (Ig G dan Ig M CMV). Lebih baik pemeriksaan dikerjakan pada saat merencanakan kehamilan. Karena tidak ada terapi/pengobatan khusus untuk infeksi virus ini.  

img-1539823735.jpg 

Bagaimana mencegah CMV? cara terbaik adalah menjaga kebersihan (higienis). Jika sedang hamil maka lebih baik:

  1. secara rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama ketika kontak dengan cairan tubuh anak dalam bentuk apapun
  2. secara rutin membersihkan permukaan benda yang terkena cairan tubuh
  3.  menggunakan sarung tangan ketika mengganti popok bayi 
  4.  menghindari kontak dengan cairan mulut/ludah anak/bayi
  5. menghindari berbagi makanan, tempat minum, peralatan mandi atau sikat gigi.

 

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi CMV.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar