Diet Sehat Selama Hamil
Senin, 31 Maret 2014
drAldi.com
Bagikan

Diet Sehat Selama Hamil

Selama di dalam kandungan, janin hanya memiliki satu sumber makanan yaitu ibunya. Karena itu selama hamil, ibu perlu makanan yang bervariasi dan bergizi. Ibu perlu makan dengan kandungan gizi yang cukup dan lengkap. Diet ibu harus seimbang, bervariasi, lengkap, dan adekuat nutrisinya untuk janin. Secara umum, perlu diingat bahwa apa yang ibu hamil makan/minum dapat masuk ke dalam janin, sehingga makanan/minuman yang mengandung zat yang berbahaya dapat merugikan janin. Makanlah sayuran dan buah segar, hindari makanan yang mengandung pengawet & perasa, makanan manis, asin.


proxy?url=http%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F-9GEdokHGH4g%2FUMMxOTtRaRI%2FAAAAAAAAAEY%2FVQlAFRLioDA%2Fs320%2Ffresh-fruit-and-vegetables.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*


Berikut saya sampaikan beberapa zat-zat nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil beserta contoh makanannya:

 

1. Kalsium : untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, selama hamil perlu kadar kalsium dua kali lipat. (Contoh makanan kaya kalsium: susu skim, kacang, keju rendah lemak, keju lembut, ikan sarden, roti tawar) 


2. Protein: Unggas, kacang-kacangan, olahan susu, telur, keju keras, daging, ikan.


3. Vitamin C: Kol, sawi putih, Paprika, kentang, jeruk, strawberi.


4. Serat: porsi makanan berserat harus banyak karena sembelit sering terjadi pada kehamilan (contoh: beras merah, kacang polong, pasta dari tepung gandumv roti gandumv daun bawang, raspberi)


5. Zat besi: penting untuk pembentukan sel darah merah. (bayam, ikan tuna, jeruk, daging merah)


6. Asam folat: penting untuk pertumbuhan saraf janin, mencegah kecacatan bawaan. (sayuran hijau, kacang hazelnut, kol, kacang tanah, roti gandum, brokoli)


Tips tambahan:

- Bila komposisi makanan anda seimbang, maka tidak perlu suplemen tambahan dari dokter

- Minumlah air sebanyak mungkin, karena darah bertambah setengahnya selama kehamilan. Hindari minuman bersoda, pemanis, perasa, dan berpengawet.

- Kurangi asupan garam, karena dapat menyebabkan bengkak dan tekanan darah tinggi dalam kehamilan.

- Hindari makanan olahan yang diberi pengawet, seperti fast food.

- Hindari makanan mentah atau setengah matang (sushi dll)


Semoga bermanfaat


dr. Aldika Akbar SpOG

Dokter Spesialis Kandungan Surabaya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar