Batuk Pilek Saat Hamil

Batuk Pilek Saat Hamil

Pada saat hamil, ibu sering mengalami keluhan batuk dan pilek. Umumnya batuk-pilek (flu) tidak membahayakan, dan ibu akan mengkonsumsi obat-obat bebas. Namun saat hamil umumnya menimbulkan kekhawatiran tambahan bagi ibu, seperti efek dari flu terhadap kehamilan, dan bagaimana keamanan obat flu bebas bagi janin. Sebelum melakukan terapi lebih baik bagi ibu hamil untuk melakukan pencegahan.

Pencegahan utama flu saat hamil adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Dengan pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan olahraga teratur. Selain itu penting juga bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi suplementasi vitamin prenatal selama kehamilan. Pola diet yang sehat, dengan jumah kalori yang cukup, komposisi nutrisi seimbang, harus selalu dijaga selama hamil. Sayur dan buah harus ada, dan dicuci bersih terlebih dulu. Hindari kontak dengan orang yang sedang flu untuk menghindari risiko infeksi. Olahraga ringan boleh dilakukan secara rutin, asal tidak berlebihan dan terlalu berat.

JIka ternyata ibu mengalami flu saat hamil, maka sebaiknya dicoba dilakukan terapi dulu secara alamiah:

  • Istirahat cukup, banyak tidur untuk memberikan kesempatan sistim kekebalan tubuh ibu secara alamiah mengeradikasi kuman/virus penyebab flu.
  • Minum banyak air putih, jus buah, atau minuman hangat.
  • Makan yang sehat, jumlah sedikit tapi sering.
  • Konsumsi suplemen madu, teh hangat, jahe hangat, atau kurma

Jauh lebih baik untuk menghindari pemakaian obat-obat flu bebas, terutama pada trimester pertama (sampai 12 minggu). Banyak obat yang tidak aman dikonsumsi selama trimester pertama, karena itu penting untuk selalu konsultasi dengan dokter kandungan sebelum meminum obat bebas saat hamil.

Ibu perlu segera ke dokter jika didapatkan gejala flu makin memberat meskipun sudah mencoba terapi secara alamiah. Atau jika didapat adanya demam tinggi, nyeri dada, sesak nafas, atau keluhan pada organ lain. Ini merupakan tanda2 adanya penyakit lain yang lebih serius dan memerlukan penanganan segera. 


dr. Aldi SpOG

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial