Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi Dalam Rahim

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi Dalam Rahim

Mendapatkan bayi yang sehat dan cerdas adalah impian semua ibu saat hamil. Tahukah anda bahwa proses pembentukan otak dan kecerdasan janin dimulai sejak bayi dalam kandungan, terutama pada trimester pertama kehamilan.  Meskipun demikian, proses pembentukan kecerdasan terus berlangsung sepanjang kehamilan.


Pembentukan kecerdasan janin dalam kandungan ini dipengaruhi selain oleh genetik (keturunan), juga semua hal yang didapat ibu selama hamil. Mulai diet, nutrisi sehat, olahraga, stimulasi dari ibu ke bayi, musik, kadar stres ibu dan lain-lain. Jadi janin bergantung 100% terhadap kesehatan fisik dan mental ibu.


Berikut beberapa tips ringan untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan:

  • Asam Folat. Peran asam folat sangat vital dalam pembentukan otak janin, karena itu selama hamil ibu mendapat suplemen asam folat 400 ug/hari secara rutin. Kebanyakan kadar asam folat tidak terpenuhi dari diet makanan sehari-hari, krn itu perlu suplemen vitamin.
  • Hindari Ikan laut dengan kadar Mercury tinggi. Hindari bahan “beracun” dari lingkungan pada diet ibu hamil. Banyak ikan laut dengan kadar mercury tinggi yang wajib dihindari (ikan hiu, swordfish, mackerel, atau tilefish)
  • Suplemen Minyak Ikan. Asam lemak omega-3 (DHA) sangat penting utk pertumbuhan otak bayi. Direkomendasikan 200 mg/hari DHA selama hamil dan menyusui. Beberapa ikan dengan kadar mercury rendah merupakan sumber DHA yang baik (salmon, herring, sarden, freshwater trout, dll).
  • Protein. Pertumbuhan janin perlu protein, jadi pastikan diet anda mengandung cukup protein, idealnya sehari 6-7 ons protein dalam makanan (setara 1 potong kecil ayam dan yogurt).
  • Tetap Dingin. Olahraga dalam kehamilan baik, tapi hindari “panas berlebihan”, terutama pada trimester 1. Peningkatan suhu dalam tubuh ibu ternyata dapat menimbulkan kecacatan bayi, karena itu hindari pula berendam dalam air panas, sauna, dan tanning.
  • Hindari stres. Stres fisik dan mental ternyata punya dampak negatif terhadap bayi dalam kandungan.
  • Musik Mozart. Sudah ada penelitian ternyata mendengarkan musik mozart (yg ditempel dengan earphone pada perut ibu) pada bayi meningkatkan kecerdasan dan IQ mereka. Sudah banyak skrg CD musik berupa rekaman musik Mozart yang khusus untuk bayi dalam rahim.


Semoga Bermanfaat.


dr.Aldika Akbar SpOG

Dokter Spesialis Kandungan Surabaya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial